Skip to main content

saving a life :')

26 september 2014 mungkin akan menjadi hari yang paling berkesan banget selama 14 hari gue praktek di ruang rajawali 2b

hari itu gue dapet jaga siang.. sendirian! karena cah-cah unimus pagi semuaaa...karena udah detik-detik terakhir praktek

gue dipesenin kalo ada pasien pengawasan 2 orang "mbak pasien pengawasan bed 5.3 sama bed 5.4 ya tolong dipantau terus"

sesuai perintah lah gue, ngecek kondisi pasien yang udah kritis banget itu..

jam 17.30 ada suara jeritan dari kamar bed 5.1

pasien apneu !

deg! ..... gue langsung lari kesitu,,,

mindahin bed pasien ke kamar dua, yang lebih lengkap peralatannya, buat pasang ETT
bawa tensi dan cek gds

langsung code blue diumumkan dan disusul sama para dokter-dokter

"mas saya udah nggak bisa denger tensinya" kata gue lemes ke perawat

seketika gue cek GDS pasien, 65 mg/dl

dokter langsung sibuk beging sama RJP

Karena gue barusan ikut pelatihan BTCLS, gue udah sedikit-sedikit ngerti gue harus ngapain, tindakan dokter apa, injeksi obat apa ajaaa...

terus dokter yang RJP si pasien kayaknya udah lelah banget , gue langsung maju menawarkan diri
"dok, mau gantian ?"

dokter yang RJP langsung beneran mundur, berarti dia udah capek banget...

majulah gue,. for the first time to do real RJP.. angkat rok dikit dan naik ke kasur pasien...

ini adalah kali pertama gue beneran melakukan RJP sesuai SOP setelah gue punya ilmu teorinya dikit
ternyata enggak gampang yaa..

gue-dokter-perawat ganti2an RJP.. ada kali setengah jam lebih.. dan bahu gue serasa mau copot.. itu juga kayaknya kualitas RJP gue masih poor banget... keliatan banget beda pas gue yang RJP dibandingin sama perawat atau dokternya...

kalo udah capek banget, gue beralih ke beging.. beging juga ga gampang.. hosh hosh..

terkadang gue menawarkan beberapa prosedur atas inisiatif gue sendiri.. kayak "dok perlu ganjalan leher?" pas si dokter mau pasang ETT..
"dok tambah andrenalin?"


saving a life bener-bener butuh perjuangan

enggak peduli sekeras apa usaha kita, enggak peduli sekenceng apa doa gue..

tapi Tuhan berkata lain.. pasien itu kembali ke Tuhan pukul 18.30

***

gue yang emang lagi enggak fit..

mungkin kayaknya langsung pucet...

belum makan, badan lagi nggak oke, dan RJP

rasanya gue kayak mau semaput juga...

i talked nothing.. i just washed my face till a nurse came to me and said

"dek kamu kenapa??? udah sana kamu ke ruang obat saja.. yang disini biar saya yang handle"

ruang obat itu adalah ruang obat.. whehe. alias kosong.. ga ngapa2in.. aku disuruh istirahat...

wah denger kek gitu, aku respek total sama perawat nyaaa... subhanallah.. baik banget T_T

gue langsung deh meng-iya kan daripada gue pingsan  di ruangan.. hehehe

*aku sedang lemah*

dan 10 menit sebelum pergantian shift eh ada yang plus lagi..

baiklah harus mengemis energi untuk malam kemarin..

aku pulang jam setengah sepuluh dalam keadaan yang ringkiih banget

dan sampe kos masih harus begadang ngebut tugas sampe jam 1 pagi padalah besoknya dines pagi..

ah beginilah memang perjuangan..

nikmati proses! dan harus iklas!!


gomawoo :*

Comments

Popular posts from this blog

mamahku unik :):)

lagi kangeen banget sama mamah aku :') bayangin yaa.. ini udah hampir sebulan liburan loh sodara-sodaraaa dan saya masih terjebak di kota ini (tapi insyaALLAH iklas) hmm.. mamah ku unik banget kalo smsan... beda sama papa yang bisa kirim sampai 2-3 slide.. nih kata-kata balesan mamah yang sudah ku hafal "oh begitu ya" "tidak tahu" "ia" "alin lagi apa" "alhamdulillah. mama senang dengarnya" "alin udah makan" "alin udah bangun" "hati-hati dijalan ya" dan ketika aku sms mama tanya mama lagi apa.. hampir selalu jawabannya "mama lagi ngajar ngaji" hehe.. terkadang aku sudah tahu apa isi jawaban nya apa.. hehe... walaupun mamah balesnya sesimpel itu, tapi aku seneng kok :):) alhamdulillah :):) p.s = tapi kalau lagi ditelfon jangan salah yaa... cerita bisa sampe dari A  sampai Z .. hehe love you  n miss you mah :):)
mama dan papa sayang banget sama dua orang ini... cuma mereka yang selalu ada disana... medoakan aku... mendoakan aku tulus.. mengarahkanku ke jalan yang baik :') mereka tidak pernah menuntut apapun. tidak pernah menuntutku untuk selalu jadi yang terbaik tidak pernah memaksaku untuk selalu berprestasi lebih.. yang mereka inginkan agar aku ibadah dengan taat dan kuliah dengan baik hanya itu :') bahkan, disaat badan ini mulai menggemuk, cuma si mamah yang bilang harus makan dengan baik dan istirahat cukup... mamah yang selalu maksa aku untuk nambah porsi makan ketika aku udah habis makan :') membuat aku sedikit terhibur disaat harus berjuang meluluhkan lipid lipi jahat ini . -__-' yang pasti harus kuliah dengan baik.. harus tunjukin ke mereka bahwa mereka ga menyesal punya putri kayak aku... mom dad... I love you :* sekian.

Nyokap !

Enggak pernah enggak merasa beruntung punya ibu yang cantik dan bener2 perhatian sama anak-anaknya Hari ini adek gue ke semarang Dan barusan aja di telpon nyokap bilang "Lin mama udah bawain nastar, pizza, keju , pisang, beras, bla bla bla .. Udah ada nama alinnya... mama biiin pizza sama sekali ga pake telor. Bla bla blaaaa.." Beruntng bgt gue Jadi makin semangat buat bahagiain mama. Makin semangat untuk motivasi harus sukses Makin semangat buat melakukan yang terbaik untuk mama dan papa dan isan Karena cuma mereka yang gue punya di dunia ini :')