Skip to main content

Allahuakbar... Allah mahabesar

semalem pas abis sholat isya, gue berdoa tuluuus banget sama Tuhan...
"YaAllah semoga malam ini ada yang melahirkan.. Amiin"

sebelumnya gue juga udah minta doa sama ibu...
"mah.. doain Alin dapet pasien segera ya mah.. alin belom punya pasien"

gimana gue nggak panik, ini udah hari ke-10 praktek tapi gue belom handle pasien satupun !
sementara temen-temen gue udah semua.. cuma gue yang belom

jadilah malam ini saat saya shif benar-benar berharap ......


------------------

kurasa Allah mendengar doaku...

jam 21.00 ada seorang ibu datang ingin melahirkan..
setelah pemeriksaan si ibu udah pembukaan 8 !
perkiraan jam 24.00 si anak lahir dengan normal.....

si Irsalina nya payah.... ibu yang lagi mau melahirkan, gue nya yang cemas
bolak-balik gue keluar ruangan bawa buku..
nginget2 lagi gimana proses persalinan
dan gue harus gimana...

payah !!!!!!!!
----------------------------

jam 9.45 diluar perkiraan, si ibu udah pembukaan lengkap
gue, serta profesi yang lain langsung sibuk pake celemek, sarung tangan dan ambil posisi.
gue ambil posisi di kanan ibu... pegangin kakinya supaya bisa membuka lebar...
gue sambil mandu ibu nya..
"Ibu ayooo ibuu semangaaaattt.. nafas yang panjang.... ibu hebat.. ibu kuaaaatttt"
kayak suporter bola yang lagi dukung timnya...
gue ga sendiri,,, semua para akbid, bidan, dan koast pun sama !
kemudian, saat melihat kepala bayi yang udah mulai keluar, gue mulai hilang kontrol

tiba-tiba rasanya sediiihhh banget,,, inget  mama di rumah..
mencoba mengingat betapa dulu sakitnya mama melahirkan gue..
betapa menderitanya mama disana... dengan mengandung bayi besar...
juga ga ada papa yang nemenin mama
mama sendiri

si pasien kemudian mulai ngeluh.. mulai bilang sakit.. mulai nangis,,,,,

gue pun tanpa sadar menitikan air mata..
gue nangis...

kenapa gue nangis ? gue kayak ngeliat sosok mama 20 tahun 10 bulan yang lalu yang lagi berjuang untuk hidup mati,,,, mama lagi berkorban untuk gue

kepala bayi udah full keluar.... semua tim medis udah siap dengan tugas masing-masing....
ga lama keluar secara spontan si bayi.. anak perempuan.. sehat...alhamdulillah

gue langsung ambil posisi untuk injeksi oksitosin (untuk mengontorl pendarahan) ke si ibu

setelah itu, gue ngeliat terjadi perubahan wajah ibu ... si ibu seneeeeeng banget... dia keliatan bahagia... dia terlihat sudah sempurna menjadi seorang ibu,,,,
rasanya ikut seneng... ikut bahagiaa.. :):)


gue bersyukur dalam hati.. Allahuakbar.. Allah mahabesar...

dalam hati gue doa

"yaAllah.. hapuslah seluruh dosa ibundaku.. lindungilah dia selalu, tempatkanlah dia di surga terbaikmu kelak... capaikanlah segala cita-citanya... amiin"

yaAllah.... berikanlah surga terhadap semua ibu yang melahirkan dengan iklas....


----------------------------------

kemudian setelah beresin semua peralatan... gue ambil posisi untuk begadang di ruang bersalin..
bersama 2 orang teman akbid...

sebenernya ada satu akbid dan satu koast juga.. tapi kata anak-anak mereka lagi pdkt.. mereka jaga bareng di ruang depan.. hehehehe... lucu si.. mereka ada di satu meja kerja.. hadap-hadapan.. yang satu lagi mainan laptop... yang satu sambil belajar.. ga ngobrol apapun... wuih...
sukses mbak mas nyaaa.. kalo jadi, yang awet yaaaa ! makan-makan :p

alhamdulillah.. sempet tidur beberapa saat dari jam 3 sampe jam 4.. rolingan tidur sama temen... :)

-------------------------------------

saat pagi....................................
gue yang mandiin si dedek !! yey !

mandiin.. pijat bayii.. ganti kasa tali pusat.. dan bedongin....

terussss.. gue jalan-jalan sama si adek ... :D:D

sambil dalam hati tanya Tuhan... "YaAllah, mau yang seperti ini juga" 
hehehe


jadi anak yang sholehah ya adek
jadilah anak yang bisa membanggakna orang tua
:')

dua detik setelah saya cium
si adek bersin.....
heheeh...
maaf karena terlalu banyak kuman ya adek

gimana udah keliatan pantes belum jadi "bunda" ? :)
semoga disegerakan.. amiin :):)


---------------------------------

alhamdulillah.. alhamdulillah
jadi nambah ilmu.. nambah pengalaman

dan yang pasti nambah sayang sama mama...

Buat seluruh anak di muka bumi ini :
JANGAN PERNAH LO NGELAWAN NYOKAP LO WALAUPUN HANYA BERKATA "ah..." 
NGELAHIRIN ITU ENGGAK GAMPANG... PERTARUHAN NYAWA ANTARA HIDUP DAN MATI....SAYANGI IBU LO ! JANGAN PERNAH BUAT DIA KECEWA !!!!!!!!!!

-suara mahasiswa praktekan yang habis secara langsung melihat bagaimana perjuangan ibu untuk melahirkan

-------------------------------------------



Comments

Popular posts from this blog

mamahku unik :):)

lagi kangeen banget sama mamah aku :') bayangin yaa.. ini udah hampir sebulan liburan loh sodara-sodaraaa dan saya masih terjebak di kota ini (tapi insyaALLAH iklas) hmm.. mamah ku unik banget kalo smsan... beda sama papa yang bisa kirim sampai 2-3 slide.. nih kata-kata balesan mamah yang sudah ku hafal "oh begitu ya" "tidak tahu" "ia" "alin lagi apa" "alhamdulillah. mama senang dengarnya" "alin udah makan" "alin udah bangun" "hati-hati dijalan ya" dan ketika aku sms mama tanya mama lagi apa.. hampir selalu jawabannya "mama lagi ngajar ngaji" hehe.. terkadang aku sudah tahu apa isi jawaban nya apa.. hehe... walaupun mamah balesnya sesimpel itu, tapi aku seneng kok :):) alhamdulillah :):) p.s = tapi kalau lagi ditelfon jangan salah yaa... cerita bisa sampe dari A  sampai Z .. hehe love you  n miss you mah :):)
mama dan papa sayang banget sama dua orang ini... cuma mereka yang selalu ada disana... medoakan aku... mendoakan aku tulus.. mengarahkanku ke jalan yang baik :') mereka tidak pernah menuntut apapun. tidak pernah menuntutku untuk selalu jadi yang terbaik tidak pernah memaksaku untuk selalu berprestasi lebih.. yang mereka inginkan agar aku ibadah dengan taat dan kuliah dengan baik hanya itu :') bahkan, disaat badan ini mulai menggemuk, cuma si mamah yang bilang harus makan dengan baik dan istirahat cukup... mamah yang selalu maksa aku untuk nambah porsi makan ketika aku udah habis makan :') membuat aku sedikit terhibur disaat harus berjuang meluluhkan lipid lipi jahat ini . -__-' yang pasti harus kuliah dengan baik.. harus tunjukin ke mereka bahwa mereka ga menyesal punya putri kayak aku... mom dad... I love you :* sekian.

Nyokap !

Enggak pernah enggak merasa beruntung punya ibu yang cantik dan bener2 perhatian sama anak-anaknya Hari ini adek gue ke semarang Dan barusan aja di telpon nyokap bilang "Lin mama udah bawain nastar, pizza, keju , pisang, beras, bla bla bla .. Udah ada nama alinnya... mama biiin pizza sama sekali ga pake telor. Bla bla blaaaa.." Beruntng bgt gue Jadi makin semangat buat bahagiain mama. Makin semangat untuk motivasi harus sukses Makin semangat buat melakukan yang terbaik untuk mama dan papa dan isan Karena cuma mereka yang gue punya di dunia ini :')