Skip to main content

Perawat Jiwa... perawat hati..

5.11.12 s.d. 11.11.12 kemarin aku praktek seminggu di RSJ Amino

kami selalu dibebankan untuk shift pagi, mengingat kerjaan di bangsal memang sangat santai,,

cuma saat praktek jiwa aku bisa haha hihi riang gembira,

baca buku sambil ongkang ongkang kaki



main karambol dan catur sepuasnya,



nongkrong lama lama di kantin,


ataupun bobo siang unyu di ruang perawat.

memang ga ada kerjaan khusus untuk kami (mahasiswa praktekan)

jadwal rutin ....

06.30 = jam shift pagi

06.45 = senam pagi bersama pasien

07.00 = sarapan pagi pasien  ( kami hanya sedikit membantu menata ruang untuk makan, mengawasi pasien saat makan, memberikan klien obat untuk diminum, menyuapi pasien yang tidak mau makan)

07.15 =  pasien dibiarkan berada di luar kamar >> jam bebas untuk klien (kami bermain bersama klien)

10.00 = klien di masukan ke kamar untuk tidur >> kami nanggur

12.00 = jam makan siang klien

12.30 =  kami sholat zuhur

13.00 = kami main ke kantin

13.30 = jam pulang


santai sekali bukan ?? :):)

praktek disini selama satu minggu mengubah mindsetku tentang orang yang biasa dibilang orang sakit jiwa..

saat hari pertama, agak sedikit takut ketika aku memberanikan diri menghampiri mereka satu persatu dan mengajak berkenalan....

tapi ternyata ga butuh waktu lama bisa membaur dengan mereka....


pagi-pagi udah disapa sama mas J**** "mbak irsaaa, I love youuuuu" sama klien, atau misalnya dikomen "mbak irsa hari ini kerudungnya bagus" sama mas K**** >> yang padahal  semua ornag juga tau kalo kerudungnya selalu sama juga kayak kemarin-kemarin,

hehehe...

disela-sela jam bosen, selalu ada mas baik hati (mas k********) yang metikin aku dan selly mangga langsung dari pohon... tuh aku dibawain pulang mangga sampe 3 plastik coba selama tiga hari.. sweet sekaliii...





di bangsal Irawan Wibisono ini aku menemukan banyak cerita....

ada yang sakit karena ditinggal pacar

ada yang sakit karena ga bisa mengungkapkan perasan terhadap wanita idamannya

ada yang sakit karena ga dapet-dapet kerja

ada yang sakit karena ga punya temen dan dijauhi oleh orang-prang disekitarnya

ada yang sakit karena sering menyendiri

yang parah lagi ada yang jadi sakit karena ga mau mandi (sumpah !)

dibangsal Irawan Wibisono ini,
aku belajar lebih bagiamana cara mendengarkan,
bagaimana cara explore feeling,
bagaimana menyusaikan diri dengan orang lain,
bagaimana cara untuk lebih sabar... dan juga bagaimana cara agar lebih bersyukur



:):)

karena sejatinya....

mereka bukan gila, seperti kebanyakan orang menjudge.. tapi mereka hanya 'sakit' jiwanya..

mereka bukan orang yang harus dijauhi, mereka punya hati yang kalian bisa dekati

mereka bukan orang yang harus kalian takuti, tapi mereka hanya segerombolan orangg-orang yang butuh sahabat utnuk berbagi..

mereka bukan orang yang harus kalian diskriminasi, karena mereka juga makhluk tuhan yang punya hak untuk hidup dengan normal..


ketika ada orang bertanya siapa mereka terhadapku ? maka dengan bangga aku akan mnjawab, mereka sahabatku... :)




satu langkah kepercayaan diri untuk menjadi perawat jiwa...

jawaban simple jika kelak ada orang yang tanya kenapa aku pilih kejiwaan ??

"karena aku ingin menjadi perawat hati"



*foto dan nama klien tidak boleh di publish 

Comments

Popular posts from this blog

mamahku unik :):)

lagi kangeen banget sama mamah aku :') bayangin yaa.. ini udah hampir sebulan liburan loh sodara-sodaraaa dan saya masih terjebak di kota ini (tapi insyaALLAH iklas) hmm.. mamah ku unik banget kalo smsan... beda sama papa yang bisa kirim sampai 2-3 slide.. nih kata-kata balesan mamah yang sudah ku hafal "oh begitu ya" "tidak tahu" "ia" "alin lagi apa" "alhamdulillah. mama senang dengarnya" "alin udah makan" "alin udah bangun" "hati-hati dijalan ya" dan ketika aku sms mama tanya mama lagi apa.. hampir selalu jawabannya "mama lagi ngajar ngaji" hehe.. terkadang aku sudah tahu apa isi jawaban nya apa.. hehe... walaupun mamah balesnya sesimpel itu, tapi aku seneng kok :):) alhamdulillah :):) p.s = tapi kalau lagi ditelfon jangan salah yaa... cerita bisa sampe dari A  sampai Z .. hehe love you  n miss you mah :):)
mama dan papa sayang banget sama dua orang ini... cuma mereka yang selalu ada disana... medoakan aku... mendoakan aku tulus.. mengarahkanku ke jalan yang baik :') mereka tidak pernah menuntut apapun. tidak pernah menuntutku untuk selalu jadi yang terbaik tidak pernah memaksaku untuk selalu berprestasi lebih.. yang mereka inginkan agar aku ibadah dengan taat dan kuliah dengan baik hanya itu :') bahkan, disaat badan ini mulai menggemuk, cuma si mamah yang bilang harus makan dengan baik dan istirahat cukup... mamah yang selalu maksa aku untuk nambah porsi makan ketika aku udah habis makan :') membuat aku sedikit terhibur disaat harus berjuang meluluhkan lipid lipi jahat ini . -__-' yang pasti harus kuliah dengan baik.. harus tunjukin ke mereka bahwa mereka ga menyesal punya putri kayak aku... mom dad... I love you :* sekian.

Nyokap !

Enggak pernah enggak merasa beruntung punya ibu yang cantik dan bener2 perhatian sama anak-anaknya Hari ini adek gue ke semarang Dan barusan aja di telpon nyokap bilang "Lin mama udah bawain nastar, pizza, keju , pisang, beras, bla bla bla .. Udah ada nama alinnya... mama biiin pizza sama sekali ga pake telor. Bla bla blaaaa.." Beruntng bgt gue Jadi makin semangat buat bahagiain mama. Makin semangat untuk motivasi harus sukses Makin semangat buat melakukan yang terbaik untuk mama dan papa dan isan Karena cuma mereka yang gue punya di dunia ini :')